Jaringan Komputer dan Perannya Bagi Kehidupan

Nama: I Made Bagita Bhagaskara 
NIM  : 1805551111

Teknologi Informasi/Fakultas Teknik/Universitas Udayana
Dosen :I Putu Agus Eka Pratama,S.T,M.T


"Jaringan Komputer dan Perannya Bagi Kehidupan"
****

Manusia sebagai makhluk sosial yang tentunya membutuhkan orang lain dalam kehidupannya untuk saling berinteraksi, sehingga manusia juga memiliki kebutuhan dan keinginan yang bisa menunjang kehidupannya. Salah satu kebutuhan manusia yaitu mendapatkan informasi atau data yang akurat, fleksibel dan didapatkan secara mudah. Hal ini memicu manusia untuk berpikir dan menanggapi permasalahan tersebut dengan membuat jaringan yang mampu menghubungkan sebuah komputer dan komputer lainnya.

Sejarah jaringan komputer bermula dari lahirnya konsep jaringan komputer pada tahun 1940-an di Amerika yang digagas oleh sebuah proyek pengembangan komputer MODEL I di laboratorium Bell dan group riset Universitas Harvard yang dipimpin profesor Howard Aiken. Pada mulanya proyek tersebut hanyalah ingin memanfaatkan sebuah perangkat komputer yang harus dipakai bersama. Untuk mengerjakan beberapa proses tanpa banyak membuang waktu kosong dibuatlah proses beruntun (Batch Processing), sehingga beberapa program bisa dijalankan dalam sebuah komputer dengan kaidah antrian.

Kemudian pada tahun 1950-an ketika jenis komputer mulai berkembang sampai terciptanya super komputer, maka sebuah komputer harus melayani beberapa tempat yang tersedia (terminal), untuk itu ditemukan konsep distribusi proses berdasarkan waktu yang dikenal dengan nama TSS (Time Sharing System). Maka untuk pertama kalinya bentuk jaringan (network) komputer diaplikasikan. Pada sistem TSS beberapa terminal terhubung secara seri ke sebuah komputer atau perangkat lainnya yang terhubung dalam suatu jaringan (host) komputer. Dalam proses TSS mulai terlihat perpaduan teknologi komputer dan teknologi telekomunikasi yang pada awalnya berkembang sendiri-sendiri.
Definisi jaringan komputer itu sendiri adalah jaringan telekomunikasi yang memungkinkan antar komputer untuk saling berkomunikasi dengan bertukar data. Sehingga banyak keuntungan yang bisa kita dapat seperti pertukaran data antar komputer, sharing perangkat, sharing program dan lain sebagainya.
****
Macam-macam jaringan komputer
  
 Pada umumnya jaringan komputer dikelompokan menjadi 5 yaitu berdasarkan jangkauan geografis, distribusi sumber data, media transmisi data, peranan dan hubungan tiap komputer dalam memproses data, berdasarkan jenis topologi yang digunakan.


Berdasarkan jangakauan geografis

 LAN (Local Area Network)
Merupakan jaringan yang mencangkup wilayah kecil saja, seperti kantor, sekolah dan luasya tidak lebih dari 1km. 

MAN (Metropolitan Area Network)


Merupakan suatu jaringan yang mencakup suatu kota dengan memiliki kecepatan transfer tinggi, jangkauan dari jaringan MAN berkisar 10-15 km.

WAN (Wide Area Network)

merupakan jaringan yang jangkauannya mencakup daerah geografis yang luas, semisal sebuah negara bahkan benua.  

 Berdasarkan Distribusi Sumber Data


Jaringan Terpusat
jaringan yang terdiri dari komputer client dan komputer server dimana komputer client bertugas sebagai perantara dalam mengakses sumber informasi/ data yang berasal dari komputer server.

Jaringan Terdistribusi 

Jaringan ini merupakan hasil perpaduan dari beberapa jaringan terpusat sehingga memungkinkan beberapa komputer server dan client yang saling terhubung membentuk suatu sistem jaringan tertentu

Berdasarkan Media Transmisi Data yang Digunakan 


Jaringan Berkabel (Wired Network)
Media transmisi data yang digunakan dalam jaringan ini berupa kabel. Kabel tersebut digunakan untuk menghubungkan satu komputer dengan komputer lainnya agar bisa saling bertukar informasi/ data atau terhubung dengan internet.
Jaringan Nirkabel (Wireless Network)

Dalam jaringan ini diperlukan gelombang elektromagnetik sebagai media transmisi datanya.

Berdasarkan peranan dan hubungan tiap komputer dalam memproses data 


 Jaringan Client-Server
Jaringan ini terdiri dari satu atau lebih komputer server dan komputer client. Biasanya terdiri dari satu komputer server dan beberapa komputer client. Komputer server bertugas menyediakan sumber daya data, sedangkan komputer client hanya dapat menggunakan sumber daya data tersebut.

Jaringan Peer to Peer 

Jaringan Peer to PeerDalam jaringan ini, masing-masing komputer, baik itu komputer server maupun komputer client mempunyai kedudukan yang sama. Jadi, komputer server dapat menjadi komputer client, dan sebaliknya komputer client juga dapat menjadi komputer server.

Berdasarkan jenis topologi yang digunakan.  


Topologi Bus
Topologi yang cukup sederhana dibanding topologi yang lainnya. Topologi ini biasanya digunakan pada instalasi jaringan berbasis fiber optic, kemudian digabungkan dengan topologi star untuk menghubungkan client atau node.

Topologi Star

Topologi star atau bintang merupakan salah satu bentuk topologi jaringan yang biasanya menggunakan switch/ hub untuk menghubungkan client satu dengan client yang lain.

Topologi Ring

Topologi ring atau cincin merupakan salah satu topologi jaringan yang menghubungkan satu komputer dengan komputer lainnya dalam suatu rangkaian melingkar, mirip dengan cincin. 

Topologi Mesh

Topologi mesh merupakan bentuk topologi yang sangat cocok dalam hal pemilihan rute yang banyak. Hal tersebut berfungsi sebagai jalur backup pada saat jalur lain mengalami masalah.

Topologi Peer to Peer

Topologi peer to peer merupakan topologi yang sangat sederhana dikarenakan hanya menggunakan 2 buah komputer untuk saling terhubung.

Topologi Linier

Topologi linier atau biasaya disebut topologi bus beruntut. Pada topologi ini biasanya menggunakan satu kabel utama guna menghubungkan tiap titik sambungan pada setiap komputer. 

Topologi Tree

Topologi tree atau pohon merupakan topologi gabungan antara topologi star dan juga topologi bus. Topologi jaringan ini biasanya digunakan untuk interkoneksi antar sentral dengan hirarki yang berbeda-beda.

Topologi Hybrid

Topologi hybrid merupakan topologi gabungan antara beberapa topologi yang berbeda. Pada saat dua atau lebih topologi yang berbeda terhubung satu sama lain, disaat itulah gabungan topologi tersebut membentuk topologi hybrid.
**** 
Peranan Jaringan Komputer
Jaringan komputer adalah jawaban segala permasalahan yang dialami oleh manusia salah satunya untuk mendapatkan informasi, data secara akurat dan cepat. Ada banyak peranan penting yang diakukan oleh jaringan komputer bagi kehidupan, dan beberapa diantaranya sudah saya rasakan sendiri manfaatnya, antara lain :
Mencari informasi dan media pembelajaran

Selain untuk mencari informasi yang ter baru saya juga memanfaatkan jaringan komputer sebagai media pembelajaran dengan mencari sumber sumber pembelajaran di internet 

Sosial media 

Peranan penting lain jaringan komputer bagi kehidupan saya yaitu memanfaatkan sosial media sebagai hiburan dan juga sekaligus menjadi sarana untuk berkomunikasi dengan teman atau orang diluar sana.

Sebagai sarana berbagi file dengan cepat

Dengan adanya jaringan komputer memungkinkan untuk berbagi file secara cepat dan akurat hanya dengan melalui handphone , contohnya menggunakan google drive , selain untuk berbagi file jaringan komputer juga memungkinkan kita untuk melakukan download.

Untuk bermain game

Dengan peranan jaringan komputer game yang dulunya hanya bisa kita mainkan sendirian sekarang sudah memungkinkan untuk bermain bersama bahkan dengan teman yang jaraknya sangat jauh, dan ini termasuk peranan jaringan komputer yang sangat digemari anak zaman milenial seperti saya :).


Refrensi:
https://id.wikipedia.org/wiki/Jaringan_komputer
https://www.nesabamedia.com/pengertian-jaringan-komputer/
https://www.nesabamedia.com/topologi-jaringan-komputer/
https://christofel22.wordpress.com/jaringan-komputer/sejarah-jaringan-komputer/



.









Komentar

Postingan populer dari blog ini

NETWORK CENTRIC WARFARE

Network Centric Principles

Information Centric Network (ICN)